Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PPT Materi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Bab 5 Peradaban Islam Daulah Bani Umayyah di Damaskus

Materi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Pada Bab 5 membahas tentang Peradaban Islam pada masa Daulah Bani Umayyah di Damaskus. Setelah wafatnya Khalifah Ali bin Abi Thalib, masa khulafaurasyidin berakhir dan Dinasti Bani Umayyah dimulai, yang didirikan oleh Muawiyyah bin Abu Sufyan. Dinasti ini berlangsung selama 90 tahun dengan sistem pergantian kepemimpinan turun temurun. 

Terdapat 14 khalifah yang memimpin selama periode ini. Di antaranya, Muawiyyah bin Abi Sufyan, yang menjadi gubernur Syria selama 20 tahun dan memindahkan pusat pemerintahan ke Damaskus, serta Abdul Malik bin Marwan, yang berhasil menyatukan wilayah kekuasaan Islam. 

Ada juga sosok-sosok seperti Umar bin Abdul Aziz yang adil, Yazid bin Abdul Malik yang kurang kompeten, dan Hisyam bin Abdul Malik yang cakap dan jujur. Masa pemerintahan Bani Umayyah berakhir dengan kematian Marwan bin Muhammad, dan Dinasti Bani Abbasiyah pun berdiri.

Adapun PPT Materi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Bab 5 Peradaban Islam Daulah Bani Umayyah di Damaskus dapat diunduh (Disini)