Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Modul Ajar Prakarya Kerajinan Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Mata pelajaran Prakarya Kerajinan mengacu pada konsep hasta karya Ki Hajar Dewantara yaitu mengembangkan cipta, rasa, dan karsa dengan menciptakan produk kerajinan yang berdampak pada diri serta lingkungan menuju keseimbangan antara alam (nature) dan budaya (culture). 

Prakarya Kerajinan mengembangkan kemampuan dan keterampilan peserta didik dengan mengintegrasikan, mengkorelasikan dan mengkolaborasikan berbagai pengetahuan dan disiplin ilmu diantaranya  melalui  pendekatan STEAM (Sains/Science, Teknologi/technology, Teknik/Engineering, Seni/Art dan Matematika/Mathematic)  untuk  menciptakan  inovasi  produk  yang efektif dan efisien melalui pembelajaran kolaboratif dengan dunia kerja dan dunia pendidikan lanjut. 

Mata pelajaran Prakarya pada jenjang Sekolah Dasar (Fase A-C) diintegrasikan dengan tema atau mata pelajaran lainnya seperti Seni, Bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, atau mata pelajaran lain yang relevan.

Kurikulum  Prakarya  Kerajinan  mengembangkan  kompetensi merancang dan menciptakan produk kerajinan yang berdampak individu maupun sosial secara kontekstual dan ergonomis. Kompetensi ini membutuhkan penguasaan ilmu dan pengetahuan: seni, desain, teknologi, budaya dan ekonomi serta kewirausahaan. Kompetensi pembelajaran  terdiri  dari  menggali  (exploration)  mengembangkan bahan, alat, dan teknik berkarya serta memproduksi. Pengalaman pembelajaran diperoleh dari sekolah, keluarga dan masyarakat. 

Di samping itu peserta didik dilatih mampu berpikir kreatif-inovatif, logis, sistematis dan global (komprehensif). Pengembangan materi pembelajaran bersifat kontekstual yaitu menggali kearifan lokal melalui kemampuan apresiasi, observasi dan eksplorasi untuk membuat desain/perencanaan.  

Berikut Link Download Modul Ajar Prakarya Kerajinan Kelas 11 Kurikulum Merdeka:

  • Capaian Pembelajaran Prakarya Kerajinan Kelas 11 (Disini)
  • Prosem Prakarya Kerajinan Kelas 11 (Disini)
  • Prota Prakarya Kerajinan Kelas 11 (Disini)
  • KKTP Prakarya Kerajinan Kelas 11 (Disini)
  • Modul Ajar Prakarya Kerajinan Kelas 11 (Disini)
  • Buku Ajar Prakarya Kerajinan Kelas 11 (Disini)

Download Perangkat Ajar Kelas 11 Semua Mata Pelajaran (Disini)